Aspal Terbaik & Tercanggih Berasal Dari Indonesia

Ndesoedisi.com-Sebagai pengguna jalan raya sobat Nde pasti tidak asing dengan yang namanya aspal. Tetapi tahukah sobat semua bahwa aspal terbaik di dunia dan aspal yang tercanggih berasal dari Indonesia ? Nah di artikel kali ini Nde akan sedikit bercerita tentang aspal terbaik dan tercanggih dari Indonesia.

aspal
aspal

Pengertian aspal menurut wikipedia adalah sebagai berikut :

Aspal ialah bahan hidro karbon yang bersifat melekat (adhesive), berwarna hitam kecoklatan, tahan terhadap air, dan visoelastis. Aspal sering juga disebut bitumen merupakan bahan pengikat pada campuran beraspal yang dimanfaatkan sebagai lapis permukaan lapis perkerasan lentur. Aspal berasal dari aspal alam (aspal buton) atau aspal minyak (aspal yang berasal dari minyak bumi). Berdasarkan konsistensinya, aspal dapat diklasifikasikan menjadi aspal padat, dan aspal cair.

  • Aspal Buton Aspal terbaik didunia.

Menurut informasi yang Nde rangkum dari berbagai sumber, diantaranya kaskus, dan jpnn ternyata Indonesia memiliki sumber aspal alam yang sangat berkualitas yang berada di Pulau Buton. Aspal yang paling bermutu ini disebut-sebut hanya ada di Amerika Serikat, Kanada dan tentu saja di Indonesia, dengan kualitas yang setara dengan kualitas aspal landasan pacu pesawat dan aspal jalan balapan Formula 1 (F1).

penampakan aspal Buton
penampakan aspal Buton

Keunggulan lain dari Aspal Buton ini bahkan diakui oleh Cina, sebagaimana penelitian yang dilakukan Profesor Shen Jin An, membuktikan bahwa sejak dipakai di Cina pada akhir era 1990an, Buton Rock Asphalt (BRA) ternyata lebih ekonomis dan tahan lama. Bahkan BRA lebih baik dari aspal yang dimodifikasi dengan tipe SBS atau Styrene-Butadiene-Styrene. Dan saat ini Standarisasi BRA di Cina sedang dalam proses.

Ironisnya meskipun Indonesia memiliki aspal yang terbaik, tetapi kondisi jalanan di Indonesia masih banyak yang rusak, karena aspal Buton belum dimanfaatkan dengan maksimal. Hal yang menjadi kendala adalah alasan klasik, yang saya yakin sobat semua sudah tahu jawabannya tanpa Nde jabarkan disini.

 

  • Aspal Tercanggih juga berasal dari Indonesia

Rupanya selain mempunyai aspal terbaik didunia, Indonesia juga mempunyai aspal tercanggih 😎 . Berikut adalah penampakan aspal tercanggih yang ada di Indonesia:

aspal tercanggih
aspal tercanggih 😎

Kecanggihan aspal tersebut adalah mampu menyesuaikan diri dengan kondisi musim yang ada di Indonesia. Jika musim kemarau maka kondisi jalan akan sangat panas dan berdebu, dan jika musim hujan akan berubah menjadi basah & sangat becek, coba dibandingkan dengan aspal di negara maju yang tidak mampu berubah wujud mengikuti musim.

Menurut Orang Sunda, aspal seperti itu disebut aspal ngora atau aspal muda, artinya aspalnya masih basah, hal itu merujuk pada dodol ngora yaitu dodol yang baru dibuat kondisinya masih sangat lembek 😆 😆 😆

Itulah sedikit artikel ringan mengenai aspal terbaik dan tercanggih yang ada di Indonesia, Nah berbicara jalan jelek di Indonesia, Nde jadi inget sama meme berikut ini 😆

sticker jalan rusak di kanada dan di indonesiasalam dari desa 😉

Artikel sejenis ada juga, silahkan dipelototin 🙂

23 tanggapan untuk “Aspal Terbaik & Tercanggih Berasal Dari Indonesia

Silahkan Dikomentari