Ini adalah artikel “Otak-Atik Gathuk” yang berarti isi artikel di otak-atik sedemikian rupa biar pas menggunakan ilmu cocoklogi. Artikel ini hanyalah berisi humor yang dibuat berdasarkan wangsit dari Mbah Mbuh Sapa 😎 dan apabila ada nama, tempat, waktu atau kejadian yang sama merupakan suatu ketidaksengajaan yang dibuat secara sengaja 🙂
Beberapa hari ini di grup WA Dgujubar sedang ramai dibicarakan tentang masalah tesride motor, nah karena tertarik dengan pembahasan tersebut langsung saja Nde menghadap Mbah Mbuh Sapa untuk meminta pencerahan mengenai hal tersebut, ternyata menurut Mbah Mbuh Sapa ada beberapa tingkatan rider dalam mengetes motor, nah tertarik dengan pembahasan unik ala Mbah Mbuh Sapa ? Mari kita peloototi bersama-sama 😆

Mbah Mbuh Sapa menerangkan dari tingkatan terendah hingga tingkatan tertinggi sebagai berikut :
- Tesnon (Tes Konon atau Tes Katanya)
Merupakan tingkat pengetesan paling rendah yang artinya pelaku tidak melakukan pengetesan secara langsung, hanya mengandalkan informasi berdasarkan hasil pengetesan orang lain, contohnya membaca review blogger tentang suatu produk atau mendengarkan orang lain bercerita bahkan bentuk motornya pun bisa jadi belum pernah dilihat. Bahasa kerennya adalah tes motor secara teori 😆
- Teston (Tes Nonton)
Artinya pelaku hanya menonton / melihat motor yang dites baik dari jarak jauh maupun mengamati detailnya dari jarak yang sangat dekat. Metode pengetesan ini juga masih termasuk tes motor secara teori.
- Tesgap atau Tes Nyagap (cuma pegang)
Merupakan istilah bahasa Sunda yang sedang ngetrend di anggota Dgujubar, artinya pelaku hanya memegang motor, atau hanya sekedar duduk diatas motor, menyalakan mesin tetapi tidak sampai menjalankan motor tersebut.
- Tesride
Tesride disini berarti pelaku benar-benar mengetes motor motor dengan menjalankan motor tersebut baik jarak dekat maupun jarak jauh, hanya saja status motor yang digunakan belum jelas, bisa jadi adalah motor pinjaman.
- Testori atau Tes Motor Milik Sendiri
Merupakan tingkat tertinggi dalam pengetesan motor, karena butuh modal yang besar untuk bisa melakukan tes jenis ini 😆
Nah itulah jenis-jenis tingkatan dalam mengetes motor, benar atau tidaknya artikel ini tidak usah dipikirkan karena Mbah Mbuh Sapa berpesan sebagai berikut :
Tidak percaya syukur, kalo percaya malah takut menjadi musyrik, jadi sobat semua bisa mengambil kesimpulan sendiri kan
![]()
![]()
salam dari desa 😉
Pertamax
Konsumsi BBM Suzuki Address FI Menggunakan Premium – http://wp.me/p4OJM5-gc
SukaSuka
halah 😆
SukaSuka
buahahaha 😀 http://ridertasik.wordpress.com/2015/01/13/konsep-new-vixion-lighting-dengan-beberapa-fender-spakbor-motor-lain/
SukaSuka
akhirnya Mbah Mbuh Sapa mampu membuat dia tertawa 😆 😆 😆
SukaSuka
nde banget, saya suka artikel ini, wkwkwkwkwk
SukaSuka
saya tersandung dengan komentar mang ketu 😳
😆 😆 😆
SukaSuka
hahaha
SukaSuka
😆
SukaSuka
Aku kapan ya bisa tesgap wkwkwk
SukaSuka
tesgap motor apa ?
SukaSuka
ZX636 atau Fireblade, saya belum 😦
SukaSuka
sama mang ketu, baru nyoba ZX 130 😥
SukaSuka
xixixi ….
testis…adalah tes gratis….setelah ada acara testride biasanya ada doorprise alias hadiah yg d bawa pulang….
SukaSuka
ingat Om…
ga bole gitu… 😦
SukaSuka
🙂
SukaSuka
😆
SukaSuka
buahahaha ono ae kang bro
http://nivikoko.com/2015/01/13/mesin-v-twin-dan-shock-up-side-down-usd-pada-next-product-honda-250-cc-antara-fitur-dan-harga/
SukaSuka
hahahahaaaaaa
SukaSuka
wah ada saya di gambar itu…. hahahhaahha
http://macantua.com/2015/01/13/curas-motor-menghatui-depok-waspadalah/
SukaSuka
wajahnya ga kelihatan 😛
SukaSuka
Gpp helmnya dah jd identitas….
SukaSuka
gambarna anu CBR atuh, eta deui wae 😀
TePar = Tes Paraur, motor batur sieun ruksak kudu ngagantian 😀 😀
SukaSuka
naik CBR jiga anak hayam nunggang munding 😆 😆 😆
SukaSuka