DOHC Nearsquare Pada CBR K45G, Terkecoh Oleh Yamaha & Meremehkan Kehadiran Suzuki

Ndesoedisi.com-DOHC Nearsquare yups istilah yang fenomenal beberapa waktu yang lalu. Mengapa Nde sebut fenomenal ? Karena kehadirannya tidak hanya dijadikan bahan ledekan oleh fansboy kompetitornya, tetapi juga kurang disetujui oleh sebagian fansboynya. Julukan baru pun didapatkan mulai dari DOHC nearlanang, DOHC hello kitty, DOHC operstruk sampai sebutan lainnya pun masih banyak 😀 .

DOHC Nearsquare
DOHC Nearsquare

Sebenarnya kalau melihat alasan penggunaan DOHC Nearsquare yaitu untuk menaikkan torsi di putaran rendah dan menengah (baca artikelnya disini) maka penggunaan DOHC nearsquare itu cukup masuk akal karena posisinya akan berada diantara DOHC overbore dan SOHC overstroke. Terus salahnya dimana ?

Menurut opini pribadi Nde, AHM hanya fokus untuk menumbangkan keperkasaan mesin SOHC overstroke 150cc milik Yamaha, buktinya output tenaga dari produk-produk AHM yang bermesin DOHC Nearsquare dibuat berdekatan dengan lawannya yang bermesin SOHC overstroke. Sehingga ketika Suzuki mengeluarkan Satria Fu Injeksi dengan mesin DOHC Overbore dan tenaga mencapai 18 PS pun terkesan “diabaikan” oleh AHM (baca artikel : Satria Fu Injeksi bertenaga 18 PS berpotensi membuat pasar motor sport 150cc kojel-kojel). Padahal mesin Satria Fu injeksi inilah yang akan menjadi basis bagi pengembangan motor spor Suzuki lainnya.

All New CBR 150 R
All New CBR 150 R

Menggunakan mesin DOHC Nearsquare pada All New CB150R, Sonic 150 R dan Supra GTR 150 bisa dibilang tidak masalah bahkan secara penjualan bisa dibilang cukup sukses. Tapi ketika AHM memfacelift CBR 150 R K45A yang secara penjualan tidak bermasalah, secara performa DOHC Overbore juga tidak masalah dan umurnya juga baru 1,5 tahun ternyata justru menjadi masalah. Dan disitulah Nde merasa bahwa AHM terkecoh oleh Yamaha yang sudah cukup lama tidak mengupgrade R15-nya.

Tapi kan penjualannya sukses ? Betul penjualan All New CBR 150 R atau CBR K45G memang cukup baik tapi dengan catatan musuh utamanya adalah Yamaha R15 yang sudah lama tidak difacelift. Mungkin AHM menganggap bahwa Yamaha tidak akan melakukan upgrade power R15 sampai 19 PS sehingga dengan pede-nya memfacelift CBR K45A menjadi K45G 😀

Sebaliknya, Yamaha yang merasa penjualan R15 sudah kalah oleh CBR 150 R, dan penjualan Vixion sudah mulai terdesak oleh kehadiran All New CB 150 R tentu saja membutuhkan “sesuatu yang baru” untuk mengamankan kelas sport 150cc dan menjadikan Suzuki sebagai referensi dengan perhitungan bahwa kelas sport 150 cc Suzuki pasti akan memiliki power yang lebih besar dari 18 PS. Langkah Yamaha dengan memperhitungkan semua lawan disini sangat tepat, karena meskipun market share Suzuki terbilang kecil tetapi produk dikelas sport dengan power lebih dari 18 PS akan menambah ancaman terhadap kondisi market Yamaha. Jadi deh akhirnya AHM terkecoh oleh taktik Yamaha, karena Yamaha ternyata lebih memilih Suzuki sebagai referensi 😀

Pasca peluncuran GSX-R 150 dan All New R15, maka bisa dibilang All New CBR 150 R menjadi motor yang paling tertinggal baik secara power maupun fitur, tetapi rasanya AHM juga tidak akan tinggal diam melihat hal tersebut  dan siapa tahu juga AHM sudah menyipkan kejutan lain. Tapi apapun yang terjadi, Nde sie cukup nyimak aja, maklum cuma sebatas wong ndeso yang senengnya bilang jasjesjos tapi ga beli 😆

salam dari desa 😉

56 tanggapan untuk “DOHC Nearsquare Pada CBR K45G, Terkecoh Oleh Yamaha & Meremehkan Kehadiran Suzuki

      1. Pokoknya gara gara fu fi 18ps.. Jadi buuubarrrr rencana ahm Dan yimm..Tadi mungkin Mau di bikin motor yg efisensi irit nya. Jadi ngowosssss gara2 18ps Jadi acuan. Pasti kedepannya bikin patokannya lebih dari 19ps

        Suka

  1. K45G seems very crude and underpowered against them (R15 & GSX-R150), kita tunggu, mampukah son goku… eh, K45G berubah menjadi super saiya melebihi kehebatan vegita? wkwkwkwkwkwk….

    Suka

  2. saat cbr facelift lagi ,yamaha dah siap dgn mesin dohc 21dk yg siap pakai dan masih ngendon di gudang, tapi ya masih lamaaaaa……,namanya juga jualan gak mungkin langsung di keluarin semua, begitu juga dgn honda, agenda rahasianya pun ada,. mesin k45g juga sebenarnya hanya seperti kue yg sengaja di bikin gak mateng tapi tetap laris

    Suka

  3. Menurut saya ini artikel yg netral..tidak membela merk tertentu.
    Ada kritik pun bukan serta merta mencela.Tapi memang begitu faktanya.
    Semoga tidak ada fansboy yg mimisan.

    Joss..salam seko ndeso,salam ti lembur

    Suka

  4. bukan terkecoh sih…ahm mah main hemat ongkos produksi aja,,makanya si k45a dicangkokin tu mesin hello kitty skalian…soalnya plant yg baru udah dipatok buat cbr250…kayaknya ahm malah wait n see new piksen dulu gimana efeknya…gk mungkin riset mesin cuman buat facelift dr k45g doang

    Suka

  5. kalo kita lebih mencermati, IMO pada dasarnya engine DOHC 150cc sekarang ini (Khususnya Sujuki) belumlah optimal dlm peracikannya (jika untuk urusan performance). Liat aja tuh konstruksi jalur masuk BBM (intake) belum memakai model “downdraft” intake seperti engine CBR 250 RR. masih ada “tikungannya”.

    Suka

  6. kalo cuma kejar power 20ps, masi sangat mudah bagi ahm untuk mengupgradenya. cuma seting ulang ecu sama mnaikkan ve. toh piston speed masi sangat jauh dri batas aman

    Suka

Silahkan Dikomentari