Mencoba Irc NR83 Untuk Ban Belakang Suzuki Address

Ndesoedisi-apa kabar semua ? Rupanya gara-gara lama tidak memposting artikel di blog ini jadi sekarang rasanya kaku dan kesulitan untuk menyusun kata-kata. Ceritanya kemarin Nde baru ganti ban luar belakang Suzuki Address. Suzuki Address milik Nde saat ini hampir berumur 5 tahun dan odometer menunjukkan angka 32.790 an.

Rupanya Nde lupa kapan terakhir ganti ban luar yang jelas ban luar Address baru diganti sekali,. Ban depan dan belakang sama-sama menggunakan ban tubeless murah meriah yaitu FDR Facio. Sekarang baru kepikiran lagi bahwa salah satu manfaat ngeblog itu bisa mendokumentasikan proses pergantian sparepart melalui artikel 😀

FDR Facio sudah waktunya pensiun

Karena males beli ban ke Cikampek, akhirnya Nde beli ban di bengkel dekat rumah saja tentu saja dengan resiko harga lebih mahal dan pilihan jenis ban lebih sedikit, tetapi sebenarnya tidak masalah.

Awalnya Nde ditawari FDR Sport XR Evo ukuran 90/80-14 seharga 265 ribu, tapi Nde merasa kurang cocok karena Nde sudah pernah menggunakannya di Vario 125 lawas. Alasan lainnya adalah karena diingatkan oleh Pak Prabowo Subianto ketika debat Capres kemarin 😆

Nde lalu menanyakan apakah ada merk lain. Nde lalu ditawari IRC NR83 ukuran 90/90-14 harganya 225rb. Ketika melihat tread atau alur kembangannya Nde kepikiran kalo licin dipake di jalan basah. Dan Nde juga memikirkan sewaktu-waktu motor digunakan ke sawah juga.

IRC NR83

Lalu Nde ditawari Maxxis M6239 ukuran 80/90-14 seharga 225rb juga. Sebenarnya Nde merasa cocok dengan alur kembangan yang dual purpose, tetapi mengingat ukurannya 80/90-14 berarti ukuran ban lebih kecil/ dibandingkan bawaannya yaitu 90/90-14. Nde langsung kepikiran wah bakal mentok di polisi tidur, karena ukuran 90/90-14 kalo digunakan boncengan juga sering mentok.

penampakan Maxxis M6239/M6240

Ya sudah akhirnya Nde memutuskan untuk membeli IRC NR83 untuk ban belakang Address. Nde pikir-pikir toh kembangan mirip dengan ban bawaan Address yaitu IRC SS530 R. Toh selama menggunakan IRC SS530 R juga lumayan enak, meskipun beberapa kali sempat mengalami selip ketika mengerem mendadak tapi Nde rasa untuk pemakaian sehari-hari sudah cukup karena sekarang Nde jarang bepergian jauh yang membutuhkan ban yang lebih bagus.

IRC NR83 ukuran 90/90-14

Setelah ban terpasang, Nde coba di jalan aspal & jalan beton lumayan enak. Dicoba di jalan basah dan hujan-hujanan juga masih lumayan enak, tetapi ga tau kalau basah-basahan dengan kecepatan tinggi karena Nde belum mencobanya. Maklum lah sekarang kalo riding paling juga cuma 60 kpj 😁

Belakangan Nde baru tau kalo IRC NR83 ini merupakan ban bawaan di beberapa motor seperti Vario dan Supra GTR. Rasanya ketika turing dari Bandung ke Plant 5 Karawang tidak ada masalah dengan ban bawaan Supra GTR 150.

Kesimpulannya selama beberapa hari menggunakan IRC NR83 di Suzuki Address, ban ini sudah cukup buat Nde beraktivitas sehari-hari. Tetapi tetap ada harga ada rupa, ban ini akan terasa terlalu standar bagi yang membutuhkan performa lebih.

Salam dari desa 😉

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s