Jika CBR 150 R K45G Difacelift Sekarang, Kok Rasanya Janggal ya ?

Ndesoedisi.com-pada postingan sebelumnya Nde mengatakan bahwa AHM terkecoh oleh Yamaha dan meremehkan Suzuki. Rupanya dari situ akhirnya muncul pertanyaan apakah begitu inferiornya performa All New CBR 150 R atau lebih dikenal dengan nama CBR K45 G ? Salah satunya adalaj pertanyaan apakah AHM tidak mampu membaca strategi lawan hingga terkecoh oleh Yamaha ? Dan beberapa pertanyaan lainnya yang intinya kurang terima dengan mempertanyakan posisi CBR K45G yang saat ini tertinggal dibandingkan dengan kompetitornya 😆

All New CBR 150 R
All New CBR 150 R

Saat ini jika dilihat secara tampilan sebenarnya CBR 150 R masih bisa dibilang masih layak, hanya performa dan fitur yang ketinggalan. Untuk masalah upgrade performa, Pak Dosen Motogokil sudah menjelaskan gambarannya secara umum disini.

Perbandingan performa antara ketiga motor tersebut bisa dilihat pada perhitungan Pak Dosen sebagai berikut :

stock performa GSX-R 150 vs All New R15 vs All New CBR 150 R (sumber: Motogokil.com)
stock performa GSX-R 150 vs All New R15 vs All New CBR 150 R (sumber: Motogokil.com)

Dari data tersebut terlihat bahwa performa CBR 150 R masih belum maksimal dan bisa ditingkatkan hingga mencapai 19,85 PS. Perubahan secara teknis tersebut bisa dibilang sangat masuk akal dan sangat mungkin dilakukan, nah permasalahannya sekarang tinggal faktor non teknis yaitu waktu peluncuran.

Umur All New CBR 150 R saat ini bisa dibilang masih sangat muda, jika dihitung dari acara launching di Sentul pada bulan Februari 2016, maka saat All New R15 mulai masspro pada bulan Maret 2017, CBR K45G baru berumur 13 bulan, dan pas berumur 1.5 tahun pada bulan Agustus 2017. Selisihnya kurang dari 5 bulan dengan masspro All New R15.

Selisih waktu kurang dari 5 bulan bisa dibilang masih bisa untuk membendung All New R15. Opsi ini secara logika bisa dilakukan oleh AHM jika penjualan All New CBR 150 R langsung terganggu atau bahkan kalah oleh All New R15 atau GSX-R 150. Dasar pemikiran Nde adalah artikel dari Mas IWB yang menyatakan bahwa All New CBR 150 R dengan suspensi USD itu tinggal masalah waktu (sumber klik disini) artinya saat ini pun riset sudah berjalan.

Perlu diingat bahwa AHM terbukti berani melakukan major change terhadap produk mereka yaitu CBR K45A yang baru berumur sekitar 1,5 tahun, dalam kondisi penjualan yang bagus, dan penggantinya CBR K45G meskipun dianggap inferior tetap mampu mencatatkan penjualan yang tidak kalah bagus 😀

Jika AHM lebih memilih untuk melakukan facelift di akhir tahun 2017, maka umur All New CBR 150 R sudah lebih dari 20 bulan atau hampir 2 tahun, secara umur produk sudah pas untuk difacelift, secara waktu riset juga cukup lama yaitu satu tahun lebih. Tapi melihat performa dan fitur kompetitornya, kok sepertinya terlalu lama membiarkan kompetitornya melenggang selama 5 bulan hingga 1 tahun.

Tapi, AHM juga mempunyai sifat “wait and see” membiarkan kompetitornya berjalan sendirian lama, setelah berkembang baru meluncurkan produk untuk menghadapinya. Jika opsi ini yang dilakukan oleh AHM maka facelift CBR K45G paling cepat akan dilakukan pada tahun depan. Hanya saja, opsi ini biasa dilakukan untuk menghadapi produk di segmen yang baru, jika melihat sengitnya pertempuran di kelas sport 150cc, sepertinya agak kurang pas kalau AHM mengambil opsi ini karena saat ini AHM adalah pemimpin pasar sport 150cc berfairing dan penantang tangguh di kelas naked bike 150cc 😀

Di situ terlihat bahwa tantangan tim marketing adalah menentukan kapan sebaiknya Facelift K45G diluncurkan. Jika terlalu cepat berarti siap-siap dengan resiko munculnya stigma bahwa CBR 150 adalah produk dengan lifecycle sebentar yang membuat konsumen lama menjadi kecewa dan kemungkinan produk yang prematur, sedangkan jika terlalu lama tentu saja akan kehilangan momentumnya. Meskipun sebenarnya AHM sudah cukup kebal dengan kedua masalah tersebut, buktinya dengan produk yang disebut klotok-klotok dan lifecycle CBR K45A yang sebentar, tetap saja produknya laris 😆

Menurut Nde, jika AHM benar-benar melakukan facelift terhadap CBR K45G sebelum bulan Agustus 2017, kok rasanya jadi janggal ya, masa produk yang laris difacelift dalam waktu singkat dibanding produk yang lain sebanyak dua kali 😆 .

Terus kenapa dari kemarin kok sepertinya artikel Nde tendensius banget dengan AHM soal CBR 150 ini? Ya jawabannya sederhana saja, karena rasa dan karakter DOHC Overbore dengan DOHC Nearsquare itu berbeda, dan Nde meskipun setiap hari berkendara dengan pelan ya paling mentok 60-70 km/jam maklum cuma punya bebek sama metik :D, tapi tetap lebih suka dengan karakter CBR K45 yang bermesin DOHC Overbore (baca artikel: tesride CBR 150 R lokal, sensasinya bikin galau 😆 . Bagaimana menurut sobat semua ?

Salam dari desa 😉

38 tanggapan untuk “Jika CBR 150 R K45G Difacelift Sekarang, Kok Rasanya Janggal ya ?

  1. tergantung niatnya Honda, kalo marketsharenya terganggu secara signifikan, opsi facelift bisa jadi prioritas (jika memang Honda punya niat dan minat utama terhadap dominasi pasar), tapi kalo niatnya dari awal cuma sebatas alternatif bagi pasar (yang kebetulan sangat diterima konsumen pada masa larisnya), maka opsi facelift bisa ditangguhkan beberapa waktu. 🙂

    Suka

  2. Ketinggalan fitur atau ketinggalan tenaga ? Fitur mah sama sama aja ah
    Yg bikin keliatan kurang fitur cuma gara gara r15 yg kebanyakan fiturnya

    Gsx punya keyless sasisnya sasis bebek
    Gsx punya sasis trellis kuncinya kunci bebek

    Overall kaki kaki sama aja beda stang doang

    Suka

  3. Alternatif lain keluarin seri SP dgn fitur lebih… lbh powerful, usd, swingarm banana/ swing arm tunggal, frame deltabox, injektor lbh gede, knalpot lbh plong…
    Jd kedua nya berjalan beriringan, ad versi sp, ad versi biasa kaya jamane nsr rr dan nsr sp

    Suka

  4. Bagusss.. setuju banget ane ini motor di facelift.
    Jauhhhhhhhh lebih ganteng K45 soalnya dari pada K45G.
    Ane jujur aja eneg liat motor K45G ini di jalan, gimana yah terlalu cungkring gitu. Mbok ya berisi dikit kayak K45

    Suka

  5. hoby vs kebutuhan

    k45a overbore cocok yg hoby karakter overbore
    k45g squarpant cocok buat kebutuhan harian yg stop and go..

    tapiiiiiiii, keputusan memakai mesin square pada cbr jelas sangat menciderai nama cbr tersebut yg khas dengan overbore nya, dan keputusan yg sangat berani…
    efect positif nya siapapun akan menikmati pake cbr square, penjualan bisa stabil.
    efect negatif nya power ga akan sedahsyat overbore

    lihat suzuki tanpa vva udah dahsyat, keputusan suzuki cerdas dan mengobati yg hoby overbore.

    r155 vva dshsyat karena vva, naik cc pula buat memaksimalkan kerja vva,,

    seandainya k45g tetap memakai mesin k45 yg overbore bukan k56 yg di pake di bebek/ayago, inilah saat yg tepat overbore naik power apa lagi bisa dipakein vva,,
    berhubung cbr overbore berubah jd si squarpant, bingung sekarang mau gimana, keseringan ngecewain consumen bisa” kapok….

    Suka

Silahkan Dikomentari