Yamaha Xabre 150, Akankah Menaikkan Standar Fitur Kelas Sport 150cc ?

Ndesoedisi.com-kedatangan Rossi ke Bali sekaligus memperkenalkan motor baru Yamaha yaitu Xabre 150 sudah menjadi viral, hampir semua blog otomotif mengangkat berita tentang Yamaha Xabre 150 tersebut.

Xabre 150
Yamaha Xabre 150

Kelas 150cc saat ini merupakan segmen yang paling gemuk karena bisa dibilang dihuni oleh varian motor terlengkap, mulai dari metik, big skutik, bebek super, ayago, naked sport bike hingga sport berfairing. Kubikasi 150cc ini bisa dibilang cukup unik karena merupakan perpaduan antara level tertinggi bebek & metik serta level entri level sport.

Berbicara tentang dunia otomotif roda dua, semakin lama fitur yang dibenamkan pasti semakin berkembang. Contoh di kelas sport 150 cc sendiri awalnya shockbreaker belakang masih menggunakan shockbreaker ganda kemudian diganti monoshock, lalu penggunaan ban ring 18 berubah menjadi ring 17, ukuran ban juga menjadi semakin lebar, lalu yang baru-baru ini adalah tutup tangki rata, kontak diatas tangki, dan penggunaan lampu LED.

Xabre 150
desain kekar

Jika dilihat dari produk-produk yang ada, Yamaha cukup banyak menjadi pelopor fitur-fitur baru dikelas 150 cc ini melalui produk Vixion seriesnya. Yamaha Byson juga merupakan pelopor penggunaan ban berukuran gambot, tetapi penggunaan shock depan 41mm ternyata tidak dijadikan standar.

Meskipun pernah Nde bahas bahwa Xabre itu merupakan produk segmented, tetapi tidak ada salahnya jika fitur yang ada diaplikasikan pada motor 150cc lainnya (misalnya R15) atau lebih masuk akal jika dipasang pada sang kakak yaitu MT-25 yang secara price & positioning lebih tinggi dibandingkan Yamaha Xabre 150.

Nah kembali bicara di kelas sport 150cc, jika Yamaha Xabre laris manis, maka tidak lama kemudian bisa dipastikan akan muncul motor dengan fitur serupa dari kompetitornya ๐Ÿ˜€ Nah, apakah nantinya shock USD, arm banana dan switch starter ala moge akan menjadi standar di kelas 150cc ? Mari kita tunggu bersama-sama ๐Ÿ˜€

salam dari desa ๐Ÿ˜‰

Spesifikasi lengkap Yamaha Xabre :

26 tanggapan untuk “Yamaha Xabre 150, Akankah Menaikkan Standar Fitur Kelas Sport 150cc ?

    1. kalo bicara saat ini mungkin iya Om, kenapa judul artikel saya tanda tanya ya karena kedepan itu semua bisa terjadi, gampangnya gini aja fitur-fitur eSP itu dulu milik PCX yang premium, tetapi seiring dengan kebutuhan persaingan dengan kompetitor maka saat ini bahkan sampai yang metik termurah pun menggunakan eSP, nah jika persaingan semakin tajam tentu saja tidak membuka kemungkinan R15 facelift menggunakan USD, atau Vixion menggunakann banana arm atau switchnya, diferensiasinya bisa jadi ada pada mesin, dimana Vixion series tetap SOHC, R15 DOHC. Kan apapun bisa terjadi dalam 3-5 lima tahun mendatang ๐Ÿ™‚

      Suka

Silahkan Dikomentari