Blusukan Dengan FDR Spartax

Ndesoedisi.com-beberapa waktu yang lalu Nde mengganti ban belakang si Nyoi Revo (artikel disini) kalau ban depan nunggu anggaran turun karena beda tahun pengajuan 😆 . Kemarin Nde disuruh untuk mengantar belt untuk traktor tangan di sawah, ya sekalian aja untuk mengetes performa ban FDR Spartax di sepanjang jalan menuju ke sawah.

Patern FDR Spartax
Patern FDR Spartax

Kondisi jalanan menuju ke sawah tidaklah terlalu becek, ada beberapa genangan air. Tanah merah disepanjang jalan tersebut menempel di ban dan membuat licin, karena Nde riding sendirian jadi tidak bisa memfoto semua kondisi jalan, maklum panas juga 🙂

kondisi jalan, ditempat lain kondisi lebih parah
salah satu kondisi jalan, ditempat lain kondisi jauh lebih parah

Hasil melintas dijalan tersebut adalah  adalah sebagai berikut :

ban depan tertutup tanah
ban depan tertutup tanah
Ban belakang tidak terlalu parah
Ban belakang tidak terlalu parah

FDR Spartax lumayan licin apabila digunakan untuk melintasi medan becek, tetapi masih bisa teratasi dengan kombinasi gear dan kecepatan yang tepat, Dengan kondisi medan & ban seperti diatas, Nde beberapa kali mengalami sliding ban belakang, tetapi hanya sedikit dan masih bisa dikontrol dengan menurunkan sebelah kaki. Grip FDR Spartax ditanah becek jauh lebih baik dibanding dengan i*c NR 73 yang dahulu pernah Nde gunakan. I*c NR 73 langsung kehilangan grip ketika melintasi tanah basah, meskipun kedua kaki sudah turun ketanah, dan kecepatan rendah, hal itu mungkin disebabkan oleh perbedaan bentuk patern ban.

Untuk pemakaian sehari-hari FDR Spartax Nde rasa sudah cukup bagus digunakan pada kondisi jalan yang bervariasi mulai dari jalan becek, jalan beton mulus, jalan beton hancur, dan jalan aspal. Kelemahan yang sangat menonjol adalah sangat licin digunakan di jalan yang basah, tetapi mengingat performa yang cukup bagus di medan yang jelek dan harganya yang cukup murah maka FDR Spartax bisa dijadikan pilihan buat sobat yang selalu berkendara dengan variasi medan sebagian besar rusak, tetapi Nde kurang merekomendasikan apabila digunakan didaerah perkotaan dengan sebagian besar adalah jalan yang rata karena hanya bagus di kondisi track yang kering.

Demikianlah review Nde tentang ban murah meriah FDR Spartax, semoga bisa berguna buat sobat semua, saran Nde sesuaikan pembelian ban dengan kebutuhan kondisi medan yang dihadapi sehari-hari dan dana yang ada.

salam dari desa 😉

bonus pemandangann sawah 🙂

Iklan

33 tanggapan untuk “Blusukan Dengan FDR Spartax

  1. Menurut pengalaman saya pake FDR Spartax,ban ini mantap klo jalan kering tpi “tisoledat” klo ada bagian jalan yg basah. Anehnya,ban ini gak begitu ngegrip ke aspal waktu kondisi ban diatas 60%. Tpi setelah kondisi ban dibawah 50% grip nya mantap bgt,hujan atau kering. Itu pengalamanku ama si spartax

    Suka

  2. mirip genzi brarti jalan kering gk masalah, jalan basar ngeriii…. anehnya ban makin nempel justru stelah pemakaian agak lama.
    tapi klo menurut saya ban tuh cocok2an sesuai cara bawa motor. cz dulu sempet pake mizzle power vtx masih lebih nempel & stabil vtx dibanding genzi. sayangnya vtx lebih cepet gundul dibanding genzi,

    Suka

      1. mksudny spartax & genzi agak mirip, klo jalan agak basah lumayan licin. hehehe…..

        oiya ngomong2, Spartaxny di tubelessin atau pake ban dalem. cz sya agak tertarik pingin ganti spartax mengingat harganya murmer.

        Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s